bagampiran dalam msyarakat banjarmasin

author photo May 14, 2012


A.     Pendahuluan
Manusia adalah mahkluk yang sempurna lagi mempunyai akal yang berbeda-beda, hidup-kehidupan manusia yang di tempa dari berbagai suku dan bangsa baik dar suku jawa, madura, kalimantan dan yang lainnya. Dari suku inilah muncul berbagai macam adat istiadat baik yang besar-besaran maupun yang sederhana, berbagai macam adat yang di keluarkan oleh suku menjadikan ciri yang khusus bagi suku tersebut, dan ciri itulah yang akan menjadi pelengkap bagi sosial kehidupan manusia, baik dari bahasa, warna kulit dan yang lainnya.
Akan tetapi dengan faktoir demikianlah rasa keingin tahuan manusia antara satu dengan yang lainnya muncul baik dari faktor internal atauupun faktor externalnya, rasa keingin tahuanlah yang menjdai dasar pondasi yang kokoh dalam menjadikan tali persaudaraan antara manusia tetap terjalin dan semakin banyak pengetahuan antara manusia semakkin terbuka pulalah jendaela sosialisai yang akurat dalam kehidupan sosial, akan tetapi di antara berbagai macam suku tersebut ada satu  suku atau  bangsa yang tidak bisa di tembus dengan indra, baik mengunakan teloskop maupun kaca mata, bangsa itu adalah bangsa aytau sulku gaib (Tidak terlihat).
Berangkat dari sinilah banyak suku-suku yang mencari tahu apa sebenarnya rahsia di balik kegaiban tersebut, apa sebenarnya yang ada di dalam tiray suku tersebut, dari sinilah banyak sekali suku-suku yang mendapatkan jawaban atas rasa dasar keingin tahuan tersebut hingga akhirnya para suku-suku tersebut mengetahui khususnya suku kalimantan selatan(banjarmasin) warga Kalimantan selatan yang bermukin di daerah perkampungan hampir mayoritasnya sangat yakin bahkan mejadikan orang-orang gaib tersebut sebagai sahabat atau gampiran atau dalam bahasa arabnya Khadām.
Kepercayaan masyarkat kalimantan  terhadap hal mistis tersebut sangat di tentangkan oleh minoritas penduduk sendiri, di karenakan bahwa ketidak adanya pengalaman atau hal-hal yang terjadi kepada individu tentang hal yang berkaitaan denngan kegaiban tersebut, akan tetapi gaib merupak fenomena yang sangat mayshur (terkenal) di kalangan masyarkat kalimantan khususnya, dengan berdasarkan pengalaman maupun kepercayaan keturunan yang telah di wariskan dari nenek moyang  baik perindiviidu maupun secara global dam  satu tempat.
Dari kepercayaan inilah muncul beberapa pertanyaan yang sangat menarik untuk di jadikan bahan pembahahsan dan sekaligus untuk mengungkap rahasia hal yang gaib. Pertama: Apa sebenarnaya yang di namakan orang gaib? Dua: apa yang di maksut dengan bergampiran atau bersahabat dengan orang gaib? Tiga: Siapa-siapa saja orang gaib yang bisa dijadikan gampiran tau sahabat?
B.     Orang gaib
Orang gaib adalah orang tidak kasaf dari mata, hanya orang-orang tertentu saja yang mampu melihatnya, kan tetapi orang gaib ini mempunyai hal yang mistis yang kadang-kadang bisa dibutukan oleh orang yang nyata. Orang gaib atau orang halus bukanlah orang yang mmempunyai tubuh kecil (halus) akan tetapi maksut dari halus disini dalah orang yang tidak kasaf oleh mata, orang gaib tersebut merupakan bentuk dari hal yang tidak semua orang mempercayainya.
Mengenai makluk gaib banyak sekali orang yang tidak mempercayainya mereka mengatakan bahwa itu hanya tahayyul (cerita) belaka, akan  tetapi seorang mu’min yang telah menerima Al-Qur’an wajib mempercayai yang gaib-gaib tersebut, sperti jin. Ar-Ragib al-Ashfahani mengataakan “sebagian ruh yang tertutup dalam panca indra di antara mereka ada yang baik dan ada yang jahat, dan ia mengatakan pula, “Ruh-ruh itu terbagi menjadi tiga bagian, golongan baik adalah para malaikat, sedangkan golongan yang ajahat adallah para setan, dan golongan yang pertengahan tterdapat di antara mereka yang baik dan yang jahat adalah para jin[1].
Orang gaib sangat banyak, seperti: malaikat, jin, iblis, setan, dan hal yang tidak kasaf dari mata adalah orang gaib. Akan tetapi mayoritas dari penduduk kalimantan mengartikan orang halus sebagai seseorang yang dsangat di takuti, karena hal mistis yang terkandung dan dimiliki oleh orang halus tersebut.
C.     Bagampiran
Bagampiran adalah kata yang di petik dari bahasa banjarmasin dan berdiri dari awalan BA dan ahkiran AN. Masyarakat kalimantan selatan mengartikan bagampiran sebagai seseorang yang mempunyai sahabat atau saudara kembar, akan tetapi sahabat atau saudara kembar tersebut berada di alam gaib, atau alau yang tidak kasaf oleh dua biji mata. Saudara atau sahabat ini biasa memang bawaan dari lahir, ketika sanng ibu melahirkan memang yang keluar di saat bidan(spesialis persalinan) mengeluarkan sibayo berjumlah dua orang di yakini bahwa kembar, akan tetapi ketika lengah sekejab saja bayi yang satunya hilang, maka diyakinilah bayi yang hilang ini sebagai gampiran dari bayi yang nampak di dunia itu[2].
Ada yang lebih aneh dari yang demikin, ketika sang ibu melahirkan sang anak, maka yang pertama keluar tersebut adalah binatang entah bintang apa, baik setelah itu baru sang bayi, dan seketika saja anak tersebut hilang, maka di yakinilah bahwa si bayi tersebut punya gampiran saudar gaib. Adalagi dalam bahsa Banjar yang namanya kesurupan, dalam hal kesurupan inin sangat berbeda dengan hal bagampiran, kesurupan sangan mengandung hal kemudhān sedangkah bagampiran banyak mendatangkan hal kebaikan dan keuntungan[3].
Akan tetaapi dalam agama Tionghoa dan pengikut Dalai lama di Tibet, bagampioran juga mengingtkan mereka terhadap proses ittihat atau hulul (penyatuan dengan tuhan) dalam dunia sufi. Dalam kebiasaan banjar mengartiak bagampiran adalah sesuatu yang bersifat personal dan magis, di akui dan di percayai oleh masyarakat Banjar karean sudah di alami oleh masyarakat terteentu, walaupun secara ilmiyah sulit ubntuk di buktikan[4]
Dalam kebiasan masyrakat banjarmasin hkususnya para Ulama atau para Tabib ada mempunyai yang namanya sahabat, baik dari malaikat atau jin atau mahkluk halus yang lainnya, bersahabat dengan hala demikin bisa di lakukan dengan ritul seperti balampah[5], dan ada baca,an-bacaan tertentu yang di baca, dengan menggunkan dupa atau perapen yang di campur denga kayu garu.
Dengan balampah maka akan mendapatkan sahabat atau khadam akan apa yang dia baca,  dan hal inilah yang bnayak dilakukan oleh orang-orang terkemuda di dunia ini, seperti, Preseden Soehartoyang balampah di sebuah gunung, dan banyak lagi ulama-ulama bahkan wali-wali yang hasil dari lampahan di karenakkan malaikat sudah menjadi khadam bagi dirinya, jiak seseorang balampah dengan bacaan-bacaan yang bukan dari Al-Qur’an, maka kemungkinan besar hkadam yang di dapatnya adalah orang halus, atau jin, aakan tetaapi sebaliknya, jiak balampah dengan bacaan-bacaan tertentu seperti ayat-ayat Al-Qur’an dan disertai dengan pengawasan dari Syekh Mursyid maka kemungkinan besar hasil dari lampaha tersebut adalah malaikat yang terkandung di ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.
D.     Hal yang bisa menjadi gampiran atau sahabat
a.       Bagampiran dengan saudara yang gaib
Orang tua adalah dua orang yang paling berharga diantara segalanya, kasih sayang orang tua merupakan halyang di idam-idamkan oleh sang anak. Anak adalah sesuatu yang dinanti sejak pernikahan di laksanakan, oleh sebab itulah di saat waktu sudah mulai menemukan keberadaannya, tibalah sang ibu mengandung, dan di saat inilah waktu yang ditunggu tidak akan di biarkan berlalu dengan satu kelengahan apapun, disaat sang balita berumur dua bulan di dalam perut, maka, muncullah rasa keingin tahuan akan rasa yang menggugah untuk di rasakan,
Mengidam, hala inilah yang di rasakan oleh dsang orang tua (Ibu) di saat sang balita sudaah mencapai dua bulan, rambutan, duriyan, asam, jeruk, nanas, dan yang lainnya, bahkan ada yang lain lebih aneh dari yang lain, seperti mengidam hendak sekali mencium ketiak laki. Akan tetapi inilah tanda-tanda yang di nampakkan oleh sang ibu disaat dsang balita sudah menunjukann keberadaannya di dalam perut sang ibu.
Ketika sudah mencapai tujuh bulan, maka di adakan lagi mandi (bamandi-mandi) agar anak yang di kandungnya di nyatakan bersih dari yang namanya zinah, kebiasaan di Binuang ketika ada di suatu tempat (Rumah) sebuah keluarga yang mengadakan bamandi-mandi maka mayoritas ibu-ibu bertanya “berapa bulan garang hudah ikam nih kawin” maka jawab ibu yang bamandi-mandi “jalan sembilan bulan pang nah hudah” maka fitnah zinah akan terlepas, akan tetapi jika di jawab “Lima bulan” akan tetapi bayi yang dikandung sudah mencapai tujuh bulan, maka di nyatakanlah bahwa anak itu “gawi badahulu hanyar nikah” agar tidak terjadi fitnah seperti itu maka di adakanlah bamandi-mandi.
Pada saat kelahiran sudah tiba maka inilah waktu yang di nanti-nanti dan waktu yang paling mendebarkan di antara segala waktu, akan tetapi yang berbeda dalam kelahiran ini adalah sang anak mempunyai saudara kembar, akan tetapi ketika di lahirkan sang anak mengilang, yang ada hanya satu saja, maka dinyatakanlah bahwa anak ini mempunyai saudara kembar (bagampiran) yang berada di alam gaib. Oleh karena itulah ada upacara-upara yang perlu di lakukan agra saang saudar kembar yang dii miliki oleh sang anak tersebut jangan berpisah atau menjauh dari saudaranya yang berada di alam nyata. Yang perlu di sediakan adalah[6]:
1.      Sajian yang perlu di sediakan.
Ø  Wajik anum
Ø  Empat puluh satu maacam wadai
Ø  Kopi manis, kopi pahit, air putih
Setelah benda-benda ini lengakap semuanya maka ada beberapa hal lagi yang harus di sediyak untuk melengkapi persyaratannya:
2.      Benda yang perlu di sediakan
Ø  Keris kecil
Ø  Bunga melati
Ø  Dua buah bendera yang terbuat dari uang kertas
Ø  Kain kaambu kuning
Ø  Kalambu kuning yang ranjangnya berlapis emas kuning dan emas putih di tambah intan.
3.      Cara dan tujuan atas di sediakannya sesajen tersebut
Ø  Semuanya di sajikan dengan serentak.
Ø  Keris kecil tersebuat sebagai tanda bahawa anak yang gaib tersebuat adalah anak bangsawan.
Ø  Bedera yang terbuat dari uang tersebut sebagai tebusan bagi alam gaib agar saudara gaib tersebut bisa terus bersama saudaranya yang ada di alam nyata.
Ø  Kain kuning dan kain puti tersebut di isyratkan sebgai tanda kesucian.
Ø  Bunga melati sebagai pengharum ruangan.
Ø  Dan kelaambu kuning tersebut sebagai tempat istirahat dari saudara gaib atau gampiran dari saudara yang di alam yang nampak.
Ø  Taburkan melati di atas kain puti yang di hampar di lantai, dan di serubungi dengan kain kunig mulai depan  pintu hingga dalam kamar yang berada kelambu kuning yang berlapis emas kuning dan emas putih ditambah juga dengan intan dan di percayai yang datang tersebut adalah Raja ratu Kartania dari Kerajaan bawah banyu dan setelah semuanya siap maka acara batasmiyahpun di mulai.
4.      Waktu pelaksanaan
Waktu pelaksanaan upacara tersebut di tentukan pada saat adanya batasmiah (mangarani ana) maka disaat itu pulalah waktu upacar itu di adakan atau bisa di katakan dengan pegkultusan, pada hari senin atau malam jum,at.
5.      Tata cara tasmiah
Ø  Pembukaan dengan membaca Basmallah
Ø  Membaca ayat-ayat Al-qur’an
Ø  Salawatan dan memberikan nama terhadap anak, baik yang di dunia nyata maupun yang ada di alam gaib.
6.      Bahan yang di  sediakan untuk gampiran sesudah tasmiah selesai
Ø  Kopo manis
Ø  Kopi pahit
Ø  Air putih
Ø  Bunga yang di letakkan di dalam cangkir
Ø  Dupa atau kemenyan jika perlu
Ø  Hal ini harus di sediakan tiap malam jum,at dan malam senin
7.      Rahasia di balik gampiran saudara
Ø  Agar masalah (musibah) tidak datang dan jika datang tidak terlalau sulit mengahdapinya di kareankan ada gampiran yang membantunya.
Ø  Dia selalu datang dan memabantu jika memang itu sangat di perlukan[7].
b.      Bagampiran atau  bersahabat dengan buaya
Bagampiran dengan binatang buaya adalah hal yang menakutkan di kalangan masyrakat  awam, yang mana bintang tersebut berstatuskan bintanag yang memakan daging  dan sangat buas, oleh kkarean itulah moyoritas maasyarakat sangat takut dengan bintang tersebut, akan tetapi sebaliknya ada bebarapa suku yang justru menjadikan buaya sebagai  teman (gampiran) akan tetapi buaya yang di maksut bukanlah buaya yang ada di sungai-sungai pada umumnya yang hidup di rawa-rawa, buaya yang di jadikan gampiran ini adalah buaya gaib yang di jadiakn dengan ilmu-ilmu yang berbau mistis, baik dengan cara-cara tertentu atau adad-ada tertentu, dengan demuikian buaya yang bisa di jadikan gampiran atau memang dari keturunan yang di wariskan dari nisbah keturunan ini adalah buaya yang tingggal di alam gaib (tidak kasaf mata), di kalimantan selatan ini yang palking masyhur di kalangan masyrarakat adallah  dari suklu kalua.  Berangkat darai keturunan suku inilah buaya yang bergampiran dengan manusia itu pencetusnya adalah datu-datu dari kalua.
Buaya yang bagampiran tersebut ada beberapa macam warna, putih, kuning, dari warna inilah yang membedakan buaya tinggkatan kesaktian luar bisa, buaya kuning ini adalah tingkatan biasa, akan tetapi buaya putih adalah tinggkatan yang sangat tinggi dalam nisbah tingkatak ilmu mistisnya[8]. Tidak sembaraang oraang yang bisa mempunyai gampiran-gampiran seperti buaya ini, harus ada silsilah terttentu dan acara-acara tertentu untuk mempunyai gampiran tersebuat, dan bagin oramng yang sudah punyai gampiran tersebut ada beberapa persyaratan yang harus di penuhi untu memanggil buaya gaib terseut, di antara sayratnya adalah:
1.      Sesajen yang harus di sediyakan di sekitar sungai atau tempat pemanggilan
Ø  Nasi kuning
Ø  Ppisang mahuli atau pisang ambon
Ø  Inti
Ø  Hintalu
2.      Bahan-bahan yang dis sediakan di  dalam rumah
Ø  Kopi manis
Ø  Kopi pahit
Ø  Air putih
3.      Waktunya acara pemberiannya
Ø  Pada waktu azan magrib (sanja)
Ø  Hari  senin, kamis, jum,at
Ø  Pada bulan Muhārrām dan sāafār
Ø  Pemberiyan hanya di lakukan satu tahun sekali
Biasanya hanya orang-orang yang menjalin gampiran tau persahabatan dengan buaya saja yang memberikan sesajen tersebut di pinggir sungai, dengan cara mmanggil nama dari buaya tersebut, dan nama buaya tersebut adalah Mandam Kaca yang berperan sebagai seorang ibu dan Putri junjung buih sebagai anak, akan tetapi  ada bacaan-bacaan tertentu untuk memanggil buaya tersebut Ulun mambari makan lawan datu jangan di ganggu (diharu biru anak cucu pian) .
4.      Tujuan bersahabat atau bagampiran dengan buaya
Ø  Supaya jangan di tumpahkan suatu penyakit kepada keluarga
Ø  Ketika aada sesuatu yang tidak di inginkan maka buaya tersebut bisa di mintai pertolongan
Ø  Menjaga dari hal yang tidak di kehendaki
5.      Efek jiaka lalai dalam memberi sesajen terhadap buaya
Ø  Buaya akansering muncul ke permukaan sungai
Ø  Pihak kelauraga akan sering tterkena penyakit sakit kepala
Ø  Dan sering karasukan bahkan merayap-rayap seperti buaya
Oleh karena itulah mempunyai gampiraan bkanlah hal yang mudah, harus tetap memperhatikan atas apa yang menjadi gampiran ttersebut, dan oleh karena itulah bagampitran atau bersahabat dengan buaya tersebut wajib menjaga:
Ø  Wajib memberikan sesajen
Ø  Sesajen harus lengkap
Ø  Jangan sampai buaya marah
Kepercayaan terhadap yang gaib adalah hal yang sangat menarik bagi jiwa yang mempunyai keinginan tingkat tinggi untuk menjelajah lebih jauh. Gampiran bukanlah hal yang asing di mata masyarakat, \gampiran bukanlah hanya saudara yang menemani disaat lahir, dan bukanlah saudar kembar yang berbeda alam, akan tetapi gampiran atau bersahabta atau mempunyai khadam bisa di gapai dengan cara berlampah atau berkhalwat.
Ayahanda KH.M Zuhkran Erfan Ali mengatakan: bahwa semua manusia yang berada di dunia ini pasti mempunyai sahabat yang berbeda alam dengan kita, akan tetapi hal yang demikin tergantung perindividu saja yang hendak menjadikannya sebagai sahabat atau khadam, slaha satu caranya adalah dengtan menghitung hari, hari apa dia lahir, maka di hari itu pulalah Allah menjadikan khadam bagi siapa yang lahir pada hari itu, berikut penjelasan tentang hari-hari tersebut dan siapa yang berkhadam pada hari itu:
1.      Ahad
Siapa saja yang lahir pada hari ahad ini maka sahabatnya adalah Abdurrahman bin Abhar, akan tetapi bersahabat dengan beliyau bukanlah hal yang mudah, akan tetapi ada lampahan yang harus di lampahkan yaitu
سورة الاخلاص

Dengan di sertai doanya
أللهم اني اسالك يا واحد يا ا حد يا صمد يا من لم يتخذ صحابة ولا ولدا يا من لم يلد ولم يولد ولم يكن له كفوا احد اسألك بحقٌ اسمائك العظام وانبيا ئك الكرام ان تسخٌرلي خدٌام هذه السورة العظيمة عبدك عبدالرٌحمن وعبدك عبد الصمد وعبدك عبد الواحد يكنولي عونا على قضاء حوائجي العجل العجل الوحا الوحا الوحا السعة السعة السعة  بارك الله فيكم وعليكم وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم.
2.      Senain
Siapa yang lahir pada hari senain ini, maka sahabtnya adalah Kandiyas dan supaya beliyau maau bersahabat dengan kita,  maka lampahan yang harus kita amalkan adalah
يا ألله
Dengan di sertakan doa
يا من هو احد يا من ليس احد لا تسلٌط علي احد ولا تحوجني الى احد واغنني يا ربي عن كل احد بفضل قل هو الله احد اللهم يا من هو قديم و يا دائم ويا حيٌ يا قيوم ياوٌل يا أخر اقض حاجتي يا فرٌد يا صمد وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم

3.      Salasa
Siapa yang lahir paada hari salasa maka sahabat yang menggampirinya adalah Kandayas, dan untu bersahabta atau bagampiran dengan beliyau maka lampahanyang harus kita amalkan adalah:
أية الكرسى
Doa yang harus dibaca setelah selesai mmenbaca lampaham tersebut adalah:
أللهم اني اسالك واتوسل اليك ياألله ياألله ياألله يا رحمن يا رحمن  يا رحمن  يا رحيم يا رحيم  يا رحيم ياه ياه ياه يا ربٌاه يا ربٌاه  يا ربٌاه يا سيَداه يا سيَداه يا سيَداه يا هو يا هو  يا هو يا غياثى عند ئدتي. يا أنيس عند وحدتي يا مجيب عند دعوتي يا الله يا الله يا الله. الله لا اله الا هو الحي القيوم يا من تقوم السموات والارض بامره يا جميع المخلوقات تحت لطفه وقهره اسالك اللهم ان تسخرلي روحانية هذه الاية الشريفة تعينوني على قضاء حوائجي ويا من تاخذ هسنة ولا نوم اهدنا الى الحق والى طريق مستقيم حتى تستريح من اللوم لا اله الا انت سبحنك اني كنت من الظالمين يامن له ما فى السموات وما فى الارض من ذالذى يشفع عنده الا باذنه. اللهم اشفع لي اللهم ارفع لي وارشدني فىما اريد من قضاء حوائجي واثبات قولى وفعلى وعملى وبارك لى في اهلي ومالي يامن يعلم ما بين ايديهم وما خلفهم والا يحيطون بشيء من علمه يا من يعلم ضمير عباده سرا وجهرا اسالكاللهم ان تسخرلي خدَام هذه الاية العظيمة والدعواة المقيفة يكون لي عونا على قضاء حوائجي هيلا هيلا جولا جولا ملكا ملكا
 يا من لا يتصرف فى ملكه الا بما شاء وسع كرسيَه السموات والارض . سخَرلي عبدك كندياس حتى يكلمني فى حال يقظتي ويعنوني فى جميع حوائجى يا من ولا ياؤده حفظهما وهو العلي العظيم, يا حميد يا مجيد يا باعث يا شهيد يا حق يا وكيل يا قوي يا متين كن لي عونا على قضاء حوائجي بالف الف لا حول ولا قوة الا بالله العلي العظيم اقسمت ايها السيد الكندياس اجبنى انت وخدامك واعينني فى جميع اموري بحق ما تعتقدونه من العظيمة والكبرياء وبحق هذه الاية العظيمة وسيدنا محمد صلى الله عليه وسلم         
وايها السيد الكندياس اسرع من البرق وما امرنا الا واحدة كلمه البصر او هو اقرب ان الله على كل شيء قدير. الله اجعلني برهنا ويورثني امنا وانسني بك على كل مطلوب واصبحني بعوني عنايتك فى نيل كل مرغوب  يا قدير يا جليل يا قهير يا عظيميا ناصر كتب الله لأغلبنَ انا ورسولى ان الله قوي عزيز وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم تسليما كثيرا والحمدلله رب العلمين.

4.      Arba
Siapa yaang lahirnya hari arba, maka sahabat yang dia miliki adalah Asif bin Barkhiya, amak siapa yang hendak menjadikan beliyau sebagai sahabat atau gampiran kita maka amal khalwatnya yang haruus di amalkan adalah:
اسماء الحسنى
Setelah itu kemudian di sambug dengan doanya
يا الله يا رحمن يا رحيم يا ملك يا قدوس يا سلام يا مؤمن يا مهيمن يا عزيز يا جبار يا متكبر يا مصور يا غفار يا ققهار يا وهاب يا رزاق يا فتاح يا عليم يا قابض يا باسط يا خافض يا رافع يا معز يا لطيف يا خبير يا حليم يا عظيم يا غافور يا شكور يا على يا كبير يا حفيظ يا مقيت يا حسيب يا جليل يا كريم يا رقيب يا مجيب يا واسع يا حكيم ودود يا مجيد يا باعث يا شهيد يا حق يا وكيل يا قوي يا متين يا ولي يا حميد يا محصى يا مبدئ يا معيد يا محي يا مميت يا حي يا قيوم يا واجد يا ماجد يا واحد يا يا صمد يا قادر يا مقتدر يامؤخر يا أول يا ظهير يا باطن يا والى يا متعالى يا بر يا تواب يا منتقم يا عفو يا رؤف يا ملك الملك يا ذالجلال والاكرم يا مقسط يا جميع ا غني يا مغنى يا مانع ياضار يا نافع يانور يا هادى يابديع يا باقى يا وارث يا رشيد يا صبور.
5.      Kamis
Siapa yang kebetyulan lahir pada hari kamis, maka sahabt atau gampiran yang di milikinya adalah datu baduk. Akan tetapi ada cara untuk menjadaikan beliyau bersahabat dengan siapa yang lahirnya pada hari kamis tersebut, maka amala lampahnya adalah:
يا بديع
Dengan di tutup dengan sebuah do,a, yaitu:
اللهم انت بديع السموات والارض ومبدع جميع المخلوقات علويها وسفليها خليقها انموذخا بغير مثال واخترتهم بلا معين ولا شريك ولا دليل ولا عماد اسالك اللهم بقوتك على اختراع انواعها واصتناعها وتأيلف ذواتها وبيان اوصافها وتصور صورها وما اوجدت في اكنفها ان تكشف عن قلبي ظلمات الكثائف وتدع فى فؤادى انوار المعارف وتودع فى سر من انوارك المقدسة اصناف اللطائف  اك انت الله بديع الصنع عزيز وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم والحمدلله رب العلمين

6.      Jumahat
Siapa yang lahirnya bertepatan pada hari jumahat, maka gampiran atau sahabta yang dia miliki di alam gaib adalah camariah, tubaniah, tambuniah dan uriah, atau bisa di katakan dengan sahabat ampat, maka amal lampah yang di amalkan agar sahabat ampat tersebut mau bersahabta atau berbagampiran dengan orang yang lahir pada hari jumahat tersebut adalah:
يا وارث اصباقي الرشيد
Dengan di tutp dengan sebuah doa, yaitu:
اللهم انت الباقى فلا نتهاء لوجودك وانت الصمد القيوم الازلي وانت الحي البقي فى الازل بعد زوالها الاسباب واعلل اللهم اني اسالك بحياتك التى لا تموت ابدا وببقائك الذى لاينقضى ولا يفنى وبعلمك المحيط بكل شيء ان تحيي قلبي برفع الحجاب لا تنعم بحياتك ابدا والق على تلك الحياة مبتهجا سرمدا غاية المقصود والمثال يا منتها الامال يا ذالبقاء يا ذالجلال والاكرم انت الله البقى لااله انت وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم والحمدلله رب العلمين
7.     Sabtu
Siapa yang lahirnya pada hari sabtu, maka sahabta yang dia miliki di alam gaib adalah ma,aluh langkaras, siapa yang hendak menjadikan beliyau sahabat, atau gampiran maka ada beberapa lampahan yang harus di amalkan, maka amal lampah tersebut adalah:
يا ملك الملك
Dengan di akhiri sebuah doa, yaitu
اللهم اني اسالك بالسمك العظيم الاعظام الحنان المنان مالك الملك ذي الجلال والاكرم اللهم اني اصبحت وامسيت وانا احب الخير واكره الشر وسبحان الله ولحمد لله ولااله الا الله والله اكبر ولا حولا ولا قوة الا بالله العلي العظيم اللهم اهدني بنورك لنورك فيما يرد غلى منك وفيما يصدر مني الىك و فيما يجرى بيني و بين خلقك اللهم سخرلي رفقي واعصمني من الحرص والتعب في طلبه ومن شغل الهم وتعب القلب من الذل الخلق بسببه ومن التذكر والتدبر في تحصيله ومن الشح والبخل بعد حصوله اللهم يسرلي رزقا حلالا وعجل لي به يا نعم المجيب اللهم انه ليس في السموات ذرات ولا في البحار قطرات ولا في الجبال مدرات ولا فى الشجرورقات ولا في الاجسام حركات ولا في العيون لحظات ولا في النفوس خطرات الا وهي بك عارفات بوحدانيتك شاهدات وعليك دالات وفي ملكك سائحات ومتحترات فاسالك بالقدرة التى سخرت بها اها الارض والسموات سخرلي قلوب المخلوقات انك على كل شيء قدير اللهم ارحم فقري وجبر كسري واجعل لطفك في امري وسخرلي لسان الصدق واجعله محل الفهم للخطاب والنطق بالصواب والعمل بالسنة والكتاب اللهم ذكرني اذا نسيت وايقظني اذا غفلت واغفرلي اذا عصيت واقبلني اذا اطعت وارحمني انك على كل شيء قدير اللهم نور بكتابك بصري واشرح به صدري ويسرلي به امري وارفع به ذكري واطلق به لساني وثبتني جناني وفرج به كربي ونور به لبي بالحب والفهم وارزقني تلاوة الاقران وحب العلم يا قاضي الحاجات يا مجيب الدعوات اكرمني  بانواع الخيرات فانه لا حولا ولا قوة  الا بك فى الحاحصلات وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم والحمدلله رب العلمين.

E.      Kesimpulan
Dengan keterangan dari sekian banyak pembahasan mengenai bagampiran dan ternyata setelah di huraikan dengan sedemikian luasnya bahwa orang gaib adalah sesosok orang yang tidak terlihat dari kayaf mata, baik menggunakan alat dari teknologi tercanggih apapun, kecuali dengan ilmu yang ,merupan sumber irfani dari Allah SWT sendiri.
Didalam alam gaib, atau mahkluk gaib maka ternyata terdapat pulla sesosok yang memang itu di ciptakan untu para manusia yang berada di alam nyata. Bagampiran, itulah namanya, ketika manusia mengetahui, atau di lahirkan, atau di menuntut, maka alam zahir dan alam gaib menyatu dengan orang yang memang mempunyai gampiran denga orang-orang gaib tersebut, baik bagampiran,  bersahabat, baik dengan jalan yang bersumber dari orang tua, seperti ketika melahirkan punya anak kembar akan tetapi yang satuny gaib, akan tetapi ada yang bagampiran dengan usaha.
Bagampiran dengan usaha seperti balampah, khalwat, semedi, dan baca hizib-hizib yang lainnya, atau itu memang warisan dari keluarga, seperti buaya dan yang lainnya, akan tetapi gampiran yang di usahai seperti hasil lampahan yang menghitung hari apa lahir, maka di hari itu pulalah gampiran yang menunggu di alam gaib untuk di jemput dan di jadikan sahabta atau gampiran.
Alangkah indahnya kita sebagi sesosok muslim yuang mempunyai iman wajib percaya dengan hala gaib seperti gampiran tersebut, karena percaya dengan yang gaib merupakan salah satu rukun iman, keindahan hati nurani kembali di jadikan cermin untuk mengacakan diri, apakah memang gampiaran, atau sahabat tersebut bersedia untu menjadi gampiran bagi yang mempounyainya. Malaikat adalah sesosok yang mulia, akankah malikat bersedia menjadi sahabta bagi manusia yang penuh dengan lumuran dosa, oleh karena itulah cerminan diri untu memperbaiki jalan di hadapan sangatlah di butuhkan, agar langkah tidak terhenti dalam sosial baik dalam masyrakat nyata, maupun yang tidak nyata (gaib).

F.      Daftar bacaan

Daud, Alfani, 1997, Islam dan Masyarakat Banjar, diskripsi dan analisa kebudayaan, Jakarta: Pt, RajaGrafindo Persada.
Hidayat, maini, Skripsi,  Pengultusan Terhadap Saudara Gaib di Kelurahan Antasari Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Tengah,
Ipansyah, Nor, jaferi, Abdurrahman, 2010, Bagampiran dan Pemakain Jimat dalam Masyarakat Banjar, Banjarmsin: Antasari press.
Nor Ipansyah, Drs, Arni , Zulfa Jamalie, Bagampiran Masyarakat Banjar, peneletian dari IAIN  antasari.
Saleh, Yahya Basamalah, 1991, Manusia dan Alam Gaib, Jakarta: Pustaka Firdaus.
 Sulan, Noor, Skripsi, Persepsi Ulama Tentang Persahabatan Manusia Dengan Buaya di Kelurahan Sungai Lulut Banjarmasin.


[1] Yahya Saleh Basamalah, Manusia dan Alam Gaib, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1991), h. 198-199.
[2] Nor Ipansyah, Drs, Arni , Zulfa Jamalie, Bagampiran Masyarakat Banjar, peneletian dari IAIN antasari, h. 4.
[3] Nor IpansyahArni , Zulfa Jamalie, Bagampiran,  . . . . . . h. 5.
[4] Nor Ipansyah, Abdurrahman jaferi, Bagampiran dan Pemakain Jimat dalam Masyarakat Banjar, (Banjarmsin: Antasari press, 2010). h. 3.x
[5] Alfani Daud, Islam dan Masyarakat Banjar, diskripsi dan analisa kebudayaan, (Jakarta: Pt, RajaGrafindo Persada,) h. 583-584.
[6] Skripsi, maini Hidayat, Pengultusan Terhadap Saudara Gaib di Kelurahan Antasari Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, h. 29-30.
[7] Skripsi, maini Hidayat, Pengultusan Terhadap Saudara Gaib, . . . . . h. 30-37.
[8] Skripsi, Noor Sulan, Persepsi Ulama Tentang Persahabatan Manusia Dengan Buaya di Kelurahan Sungai Lulut Banjarmasin, h. 38-40.

1 Response to "bagampiran dalam msyarakat banjarmasin"


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post